Pare, Mojokuto hingga Kampung Inggris

0
6

Dinamisnya sebuah Kota Kecil: “Dari Parelenan, Pare, Mojokuto hingga Kampung Inggris” “Pare”-Apalah Artinya Sebuah Nama? Jika menyebut “Kampung Inggris Pare” di kabupaten Kediri, provinsi Jawa Timur, yang dikenal karena pusat kursus bahasa Inggris di Indonesia ini, siapa yang tak penasaran? Nah, berawal dari rasa penasaran pada nama Pare inilah, maka kami mencoba menelusuri sejarah nama Pare.

Tim penelusur, Irwan Lalegit, Agus Tri Winarso dan Masruli Abidin, menyajikannya untuk pembaca kompasiana. Sebagai pelajar kursus bahasa di Pare, kali pertama mendengar nama ini, kita pasti menyangka jika nama Pare diambil dari jenis sayuran yang sering digunakan untuk obat, sayur Pare atau Paria–(momordica charantia, Latin)–yang rasanya pahit namun kaya nutrisi.

Ternyata sangkaan kita bisa salah. Usul punya asal, nama Pare diambil dari kata “panglerenan”–bahasa Jawa. Berdasar tuturan dari beberapa warga Pare, penggunaan kata “panglerenan” ini berasal dari zaman kerajaan-kerajaan dahulu, yang kala itu identik dengan perang, perebutan kekuasaan, pemberontakan. Waktu itu Pare sering dijadikan “panglerenan”–tempat beristirahat atau bersembunyi dari kejaran musuh–dan biasanya jika mereka bersembunyi di Pare, tentu saja selalu selamat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here